Juara FRKS? Pasti Bisa (Part 1)

IMG-20141015-WA0011Tulisan ini saya buat hanya untuk sekedar sharing bagi para pembaca.

Forum Riset Keuangan Syariah (FRKS) merupakan forum riset bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK RI). Pada tahun ini, FRKS diadakan pada 14-15 November 2014 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Flashback sekilas, pada penyelenggaraan tahun lalu -saat FRKS masih diselenggarakan oleh Bank Indonesia – saya menjadi panitia pada dua macam Forum Riset yaitu Forum Riset Perbankan Syariah VI di Banjarmasin dan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah II di Jakarta. Saya menjadi panitia sebagai perwakilan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI). Saya melihat begitu hebatnya para pemuda yang menjadi peserta Call For Papers pada Forum Riset. Selain pintar, mereka punya semangat hidup yang tinggi untuk berkontribusi lebih besar terhadap pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia.

Saya sudah memiliki banyak pengalaman menjadi panitia mulai dari tingkat kampus hingga Nasional. Namun, saya belum pernah menjadi peserta Call for Papers dimanapun. Terakhir saya menjadi panitia adalah pada Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah di Jakarta. Setelah itu, saya berazam untuk memulai belajar riset dan membuat papers.

Pada suatu kesempatan saya menghadiri IFN Indonesia Forum, Forum Internasional bergengsi di bidang Keuangan Islam, di salah satu Hotel ternama di Jakarta. Saya bertemu dengan mahasiswa program doktor di salah satu universitas Malaysia. Saya banyak berbincang dengan dia dan ditawari untuk join research dengannya. *Pas banget*. Tanpa banyak basa-basi sayapun menerima tawarannya.

Singkat cerita, saya buat beberapa paper dengannya untuk konferensi di Turki dan Malaysia. *Baru belajar riset, langsung Go International*. Namun Allah belum merezekikan kami untuk bertandang ke Negeri Ottoman dan Negeri Jiran.

Selang beberapa bulan, datanglah informasi Call For Papers Forum Riset Keuangan Syariah. Saya sangat antusias untuk mengirimkan paper, apalagi hadiahnya sangat banyak. Beberapa tema paper terlintas dipikiran saya, seperti Islamic Banking Performance, Microtakaful, dll. Akhirnya, tema fix  tentang Stabilitas Perbankan Syariah, dengan judul “Analisis Stabilitas Sistem Perbankan Syariah di Indonesia Dari Perspektif Mikroprudensial.”

Bersambung

10608572_1465505540372999_1530451767870622300_o

Tags: , ,

Leave a Reply

